A. PENDAHULUAN

Dalam rangka menghadapi era globalisasi, diperlukan adanya peningkatan mutu SDM agar dapat memenangkan persaingan. SMK Negeri6 Palu sebagai salah satu lembaga pendidikan yang outputnya adalah menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah, tentu saja tidak luput dari persaingan tersebut.

Oleh karena itu, agar SMK Negeri 6 Palu lebih siap dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada siswanya, maka diperlukan adanya suatu perencanaan strategik yang dapat menjembatani Program Kerja Sekolah dan Program Praktek Kerja Industri dengan kebutuhan DU/DI (pasar kerja), khususnya dalam mengahasilkan lulusan yang berkualitas.

Atas dasar pemikiran tersebut di atas, maka disusunlah Rencana Strategik (Renstra) SMK Negeri 6 Palu dengan harapan dapat menjadi Pedoman Operasinal dalam melaksanakan setiap kegiatannya.

 

B. LANDASAN

Landasan adalah suatu ketentuan atau aturan-aturan formal maupun informal yang harus diikuti dan dipatuhi oleh organisasi, yang negikat perilaku seluruh anggota organisasi, serta dijadikan acuan dan pedoman dalam melaksanakan seluruh kegiatan organisasi, termasuk dalam bertindak dan berperilaku.

Adapun landasan dalam penyusunan Renstra SMK Negeri 6 Palu, meliputi :

1.         Landasan Formal :

a.         UUD 1945 Pasal 31 ayat (1) dan (2)

b.         TAP MPR No. IV/MPR/1999 tentang GBHN

c.          UU No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional

d.         Kepmen Dikbud No. “ 080/U/1993 tentang Pendidikan Menengah Kejuruan

e.         UU No. 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah

 

2.         Landasan Informal :

Yaitu berupa isue dan tuntutan era globalisasi dan tuntutan masyarakat, tuntutan Otonomi Daerah dan Otonomi Sekolah serta tuntutan pasar kerja serta perkembangan dan kemajuan IPTEK.

 

 

C. STAKEHOLDER

Stakeholder adalah perorangan, kelompok, atau organisasi yang dapat menuntut perhatian suatu organisasi sumber daya atau output. Stakeholder dapat pula diartikan segala sesuatu yang dipengaruhi oleh output organisasi yang bersangkutan.

Adapun Stakeholder SMK Negeri 3 Balikpapan, meliputi :

1.         Siswa, guru, tenaga administrasi dan Kepala SMK Negeri 6 Palu

2.         Dinas Pendidikan Kota Palu

3.         Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah

4.         Ditjen Dikdasmen, Direkorat Dikmenjur, PPPPTK Kejuruan

5.         Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

7.         KADIN, Dinas, dan instansi terkait

8.         Komite Sekolah, masyarakat, dan donatur lainnya

 

 

D. CORE BUSINESS (KEGIATAN PELAYANAN UTAMA)

Core Business merupakan segmen bisnis yang dapat diandalkan dan secara tetap menghasilkan keuntungan untuk menjamin kelangsungan bisnis dan organisasi yang bersangkutan.

Adapun Core Business SMK Negeri 3 Balikpapan, meliputi :

1.         Melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan di bidang Kewirausahaan, bagi Guru yang mengajar bidang itu.

2.         Melaksanakan  Uji Kompetensi

3.         Memiliki koperasi sekolah,pelayanan bagi warga sekolah.

 

 

E. TUJUAN

1.    Menjadi sekolah rintisan berstandar Nasional

2.    Bertambahnya 1 gedung baru

3.    Tersedianya ruang praktek dengan fasilitas yang cukup untuk semua program keahlian

4.    Membuat MoU dengan DU/DI sebagai mitra sekolah.

5.    Meningkatkan  fungsi Perpustakaan  yg dapat menfasilitasi siswa secara manual.

6.    Penghijauan Lingkungan Sekolah.

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s